Minggu, Agustus 24, 2008

ram ( random access memory )

Semua data yang dimasukan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory, khususnya RAM (random access memory). RAM merupakan memory yang dapat di access oleh programmer.

Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :

A. Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukan lewat alat input.
B. Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diproses.
C. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan.
D. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan kea lat output.

Input yang dimasukkan lewat alat input, pertama kali ditampung terlebih dahulu di input storage, bila input tersebut berbentuk program, maka dipindahkan ke program storage dan bila berbentuk data, akan dipindahkan ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung di working storage dan hasil yang akan ditampilkan kea lat output di pindahkan ke output storage.

RAM mempunyai kemampuan untuk melakukan pengecekan dari data yang disimpannya, yang disebut dengan istilah parity check. Bila data hilang atau rusak, dapat diketahui dari sebuah bit tambahan yang disebut parity bit.

Ada 2 macam cara yang dilakukan parity check, yaitu :
1. Pengecekan parity genap, menunjukan jumlah bit 1 untuk tiap-tiap dalam 1 bit beserta parity bit harus berjumlah genap, kalau berjumlah ganjil, berarti ada data yang rusak.
2. Pengecekan parity ganjil, menunjukan jumlah bit 1 untuk tiap-tiap dalam 1 bit beserta parity bit harus berjumlah ganjil, kalau genap, berarti ada data yang rusak.

Tidak ada komentar: