Kamis, Agustus 21, 2008

expert system

Tiap-tiap orang mempunyai kemampuan masing-masing yang berbeda-beda, tergantung dari pengetahuannya masing-masing. Ada yang ahli kimia, ahli fisika, ahli computer, dokter, dan lain sebagainya. Komputer dapat diprogram untuk berbuat seperti orang yang ahli dalam bidang tertentu. Computer yang demikian dapat dijadikan seperti konsultan atau tenaga ahli di bidang tertentu yang dapat menjawab pertanyaan dan memberikan nasehat-nasehat yang dibutuhkan. System demikian disebut sebagai expert system. System ini dapat digunakan untuk bidang yang tertentu seperti misalnya mendeteksi penyakit, mengalisis kimia dan lain sebagainya. Expert system ini sangat berguna disebabkannya masih langkanya orang yang berkualifikasi dalam bidang tertentu.

Salah satu expert system yang pertama adalah MACSYMA yang digunakan untuk tugas-tugas matematika. Expert system yang lainnya diantaranya adalah MYCIN untuk mendiagnosa penyakit infeksi pada darah, CADUCEUS untuk mendeteksi penyakit, PUFF untuk mengukur fungsi paru-paru, PROSPECTOR digunakan untuk memberkan nasehat dalam eksplorasi mineral, XCON yang digunakan perusahaan DEC untuk menggambarkan konfigurasi dari system computer bagi para langganannya, DENDRAL untuk mengidentifikasikan struktur molekul suatu komposisi kimia dan lain sebagainya.
Untuk mengembangkan expert system, harus diciptakan terlebih dahulu suatu knowledge base yang dibutuhkan oleh aplikasinya. Suatu knowledge base terdiri dari kumpulan data tertentu untuk permasalahan yang spesifik dan aturan-aturan bagaimana memanipulasi data yang disimpan tersebut. Berbeda dengan database biasa, knowledge base mungkin dapat juga terdiri dari asumsi-asumsi, kepercayaan-kepercayaan, pendugaan-pendugaan dan metode-metode heuristic.
Untuk membuat knowledge base, perencana system harus bekerja sama atau meminta nasehat dari ahlinya. Orang yang menciptakan expert system disebut dengan knowledge engineer.

2 komentar:

Rahmi Imanda mengatakan...

artikel yang menarik, kami juga punya artikel tentang 'expert system' silahkan buka link ini
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2191/1/02-03-013-Expert%5BRemi%5D.pdf
semoga bermanfaat ya

Reza mengatakan...

Terima kasih @Rahmi .. Lumayan buat nambah2 pdf :)