Senin, September 01, 2008

local area network

Local Area Network (LAN) adalah suatu network yang terbatas dalam jarak (local). Bilamana jarak yang harus dijangkau kurang dari sekitar 1000 meter untuk komunikasi dalam network maka digunakan bentuk LAN. Network ini banyak digunakan dalam satu perusahaan yang menghubungkan antara departemen-departemen lain dalam 1 gedung. LAN berbeda dengan external network. LAN dapat menggunakan kabel untuk transmisi datanya. Biasanya LAN berbentuk star network atau bus network.

Transmisi data dalam LAN punya kecepatan yang berbeda-beda dan dapat dikategorikan sebagai berikut :
A. HIGH SPEED NETWORK
B. MEDIUM SPEED NETWORK
C. LOW SPEED PC NETWORK

A. High Speed Network mempunyai kapasitas transmisi data lebih besar dari 20MBps yang biasanya diterapkan untuk mainframe computer yang besar.
Contoh :
-Loosely Coupled Network (Control Data Corporation)
-Hyperchannel (Network System Corporation)

B. Medium Speed Network mempunyai kapasitas transmisi data sekitar 1MBps – 20MBps yang biasanya diterapkan untuk minicomputer.
Contoh :
-Ethernet dikembangkan oleh Xerox dan mempunyai kecepatan 1MBps yang memakai coaxial cable dan dapat menghubungkan system computer Xerox dengan mesin copy Xerox dan dengan alat-alat yang lain.
-ARC Net oleh Datapoint Corporation
-Wangnet oleh Wang Laboratories
-Local Net oleh Systex
-Cable Net oleh Amdax

C. Low Speed PC Network mempunyai kapasitas transmisi lebih kecil dari 1MBps, biasanya diterapkan untuk personal computer.
Contoh :
-Omninet oleh Corvus Systems yang dapat menghubungkan computer IBM PC, Apple, Radio Shack, DEC, Texas Intrument untuk bersama-sama menggunakan harddisk dan peripheral device lainnya. Bentuk networknya adalah bus network
-Constellation oleh Corvus System, fungsinya sama seperti Omninet tapi berbentuk star network
-Cluster One dari Netcar System khusus untuk computer Apple yang berbentuk bus network
-Apple Talk oleh Apple Corporation untuk hubungan antara computer Apple Macintosh dengan IBM PC dan peripheral lainnya seperti misalnya laser print

Didalam LAN, computer pusat disebut dengan network server yang dapat dihubungkan dengan beberapa terminal yang membentuk suatu network. Computer client dapat dihubungkan dengan computer pusat dengan menggunakan kabel yang biasa disebut dengan coaxial cable. Karena network server dihubungkan dengan beberapa terminal, maka terminal harus berhubungan dulu dengan network server. Untuk dapat berhubungan dengan computer pusat , biasanya user akan ditanyakan password. Kalau password tersebut dikenal oleh computer pusat maka pemakai tadi dapat mengakses data computer pusat namun jika tidak maka sebaliknya.

Tidak ada komentar: